Membuat game 2D kini semakin mudah dengan adanya platform seperti Construct 3. Dengan antarmuka yang intuitif dan tanpa perlu menulis kode yang rumit, Construct 3 sangat cocok bagi pemula. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengcoding game 2D menggunakan Construct 3, lengkap dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.
Baca juga Cara Buat Game 2D Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman C++
Berikut Step-by-step Membuat Game 2D Menggunakan Construct 3
Langkah 1: Memulai Project Baru
Untuk memulai, kunjungi Construct 3 dan buat akun jika belum memilikinya. Setelah itu, ikuti langkah berikut:
- Buka Construct 3 di browser Anda.
- Pilih “New Project” untuk membuat proyek baru.
- Pilih template yang sesuai, misalnya “Empty Project”.
Construct 3 akan mengarahkan Anda ke antarmuka desain.
Langkah 2: Menentukan Ukuran Layar
Sebelum Anda mulai menambahkan elemen, Anda perlu menentukan ukuran layar game Anda. Biasanya, ukuran 800×600 pixel adalah pilihan yang baik untuk game 2D.
- Klik kanan pada proyek Anda di panel kiri.
- Pilih “Properties” dan ubah ukuran layar di bagian “Viewport Size”.
Langkah 3: Menambahkan Latar Belakang
Setelah ukuran layar diatur, langkah selanjutnya adalah menambahkan latar belakang. Anda bisa menggunakan gambar atau warna solid sebagai latar belakang.
- Klik kanan pada panel “Project”.
- Pilih “Insert New Object” dan pilih “Tiled Background”.
- Upload gambar latar belakang Anda dan sesuaikan ukuran.
Langkah 4: Menambahkan Sprite Player
Setelah latar belakang, saatnya menambahkan karakter player.
- Klik kanan pada panel “Project” lagi.
- Pilih “Insert New Object” dan pilih “Sprite”.
- Upload gambar sprite player Anda.
Anda bisa menambahkan animasi untuk player dengan cara menambah frame di editor sprite.
Baca juga Cara Menarik Uang di Fizzo Novel dan Aturan Pembayarannya
Langkah 5: Menambahkan Logika Kontrol
Construct 3 menggunakan sistem event untuk mengatur logika game. Sekarang, mari kita tambahkan logika untuk menggerakkan player.
- Klik pada tab “Event Sheet” di panel.
- Klik kanan dan pilih “Add Event”.
- Pilih “Keyboard” dan kemudian “On key pressed” untuk menentukan kontrol gerakan.
Misalnya, untuk menggerakkan player ke kiri dan kanan:
+ Keyboard: On key pressed "Left"
-> Player: Set X to Player.X - 5
+ Keyboard: On key pressed "Right"
-> Player: Set X to Player.X + 5
Langkah 6: Menambahkan Musuh
Musuh juga perlu ditambahkan untuk membuat game lebih menantang.
- Tambahkan sprite baru untuk musuh seperti sebelumnya.
- Atur posisi musuh di layar menggunakan event sheet.
Misalnya, Anda bisa menambahkan musuh yang bergerak dari sisi ke sisi:
+ System: Every 0.1 seconds
-> Enemy: Set X to Enemy.X + 2
Langkah 7: Collision Detection
Mendeteksi tabrakan antara player dan musuh penting untuk game Anda. Anda dapat menggunakan event berikut:
+ Player: On collision with Enemy
-> Player: Set position to (400, 300) // Reset posisi player
Langkah 8: Menambahkan Poin dan Level
Untuk menambah elemen permainan, Anda bisa menambahkan sistem poin. Misalnya, setiap kali player mengalahkan musuh, berikan poin.
- Buat variabel global bernama “Score”.
- Tambahkan event saat musuh kalah:
+ Enemy: On destroyed
-> Score: Add 10
Langkah 9: Membuat Layar Game Over
Setelah player kalah, Anda perlu menampilkan layar Game Over.
- Buat objek baru berupa teks untuk Game Over.
- Tambahkan event untuk menampilkan teks ini saat player kalah:
+ Player: On collision with Enemy
-> Game Over Text: Show
Langkah 10: Menambahkan Musik dan Efek Suara
Menambahkan musik dan efek suara dapat meningkatkan pengalaman bermain. Anda bisa mengupload file audio ke proyek Anda.
- Klik kanan pada panel “Project”.
- Pilih “Insert New Object” dan pilih “Audio”.
- Unggah file musik dan atur agar dimainkan saat game dimulai.
+ System: On start of layout
-> Audio: Play "background_music"
Langkah 11: Mengatur UI
User Interface (UI) penting untuk pengalaman pengguna. Anda bisa menambahkan elemen seperti tampilan poin dan waktu.
- Tambahkan objek teks untuk menampilkan skor.
- Update teks ini setiap kali poin bertambah:
+ System: Every tick
-> ScoreText: Set text to Score.ToString()
Langkah 12: Menguji Game Anda
Setelah semua elemen ditambahkan, saatnya menguji game Anda.
- Klik tombol “Play” di pojok kanan atas.
- Uji semua fitur untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik.
Jika Anda menemukan bug, kembali ke event sheet dan lakukan perbaikan.
Kesimpulan
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah belajar cara mengcoding game 2D menggunakan Construct 3. Setiap langkah memberikan pondasi untuk membuat game yang lebih kompleks dan menarik. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan elemen baru dan ide-ide kreatif Anda sendiri.
Belajar membuat game adalah perjalanan yang menarik, dan Construct 3 adalah alat yang hebat untuk membantu Anda dalam perjalanan ini. Teruslah berlatih dan eksplorasi lebih jauh dalam cara mengcoding game Anda. Selamat mencoba!
Baca juga Aplikasi Novel Penghasil Uang, Dapat Cuan dari Membaca